Sunday 1 March 2015

Perjodohan dari Orang Tua Ternyata Banyak Sisi Positifnya

Meskipun sekarang kita hidup di abad yang serba "modern" dimana nilai-nilai agama dan budaya banyak terjadi pergeseran dan perubahan, bahkan tentang masalah perjodohan baik di lingkungan keluarga, kerabat atau bahkan tetangga di masyarakat. Saat ini memang bukan zamannya Siti Nurbaya, dimana Anda masih harus menerima perjodohan dari orangtua. 

Namun tahukah kamu? Sebenarnya perjodohan itu memiliki banyak sisi positif dan manfaat dibandingkan dengan ketika Anda mencari sendiri orang yang akan menjadi pendamping hidup atau pasangan.
Yup jika Anda salah satu yang mengalami perjodohan, baik dari orang tua atau sebab lainnya maka menerima perjodohan saat Anda sudah memiliki keinginan dan kemampuan untuk menikah tapi belum juga menemukan orang yang tepat adalah hal yang tidak mengapa bahkan bisa saja hal itu membuka jalan bagi anda menempuh kehidupan yang sesuai dengan syariat agama tentunya sehingga banyak keberkahan untuk Anda dan keluarga kelak.

Bukan tidak mungkin kalau Anda bisa menemukan pria atay wanita yang tepat dalam perjodohan tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat perjodohan dalam kehidupan rumah tangga:

Mendapatkan Restu Orangtua
Salah satu fakta yang perlu Anda ketahui adalah mendapatkan restu orangtua dalam pernikahan akan membantu Anda dalam mendapatkan kebahagiaan dalam rumah tangga. Karena sebuah hasil penelitian menemukan bahwa seseorang yang tidak direstui pernikahannya banyak berakhir dengan perceraian. Ketika Anda dijodohkan, berarti Anda mendapatkan restu dari kedua belah pihak.

Seiman atau satu keyakinan
Semua orangtua bahkan Anda sendiri pun menginginkan yang terbaik. Termasuk masalah agama dan iman. Jadi tentulah orangtua Anda telah memikirkan dengan matang-matang bagaimana sifat dan karakter dari calon suami Anda sehingga dia bisa menjadi suami dan ayah atau istri yang baik untuk keluarganya. Mereka pasti mempertimbangkan hal tersebut dari agamanya.

Memiliki Kedekatan dengan Mertua
Salah satu alasan perjodohan adanya karena kedekatan kedua pihak keluarga atau biasanya teman lama, teman dekat atau sahabat dari orang tua yang memiliki anak yang berlainan jenis dengan Anda misalnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk dekat dan bersahabat dengan mertua Anda. Dekat dengan mertua juga akan membuat Anda merasa lebih bahagia karena seringkali masalah pernikahan bersumber dari mertua.

Membantu Anda yang Sibuk
Ketika seseorang terlalu sibuk dengan studi atau pekerjaannya, seringkali mereka merasa kesulitan untuk mendapatkan pasangan hidup dikarenakan kesibukan tersebut maka kesempatan bertemu dengan orang lain atau bersosialisasi menjadi kurang mendapat porsi. Namun dengan perjodohan, mereka bisa lebih mudah mendapatkan jodoh. Meskipun nantinya belum ada rasa cinta, tapi perasaan cinta itu pasti akan timbul seiring dengan berjalannya waktu. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencegah kebosanan dalam hubungan karena Anda masih berdua masih belum saling mengenal. Melalui perjodohan, Anda bisa belajar untuk saling mengenal dan mencintai.

Masalah Keuangan
Salah satu alasan orangtua menjodohkan anaknya bisa jadi karena faktor ekonomi. Setiap orangtua tentu tidak ingin melihat anaknya menderita. Oleh karena itu, pasti mereka telah memilihkan seseorang yang memiliki kemampuan finansial yang mapan untuk anaknya. Dalam persepsi orangtua biasanya selain faktor agama maka faktor kemapanan ini juga bisa menjadi alasan utama. Mereka memikirkan jika finansial pasangan kuat, maka kebutuhan rumah tanggapun terpenuhi dan keharmonisan keluarga lebih bisa terus abadi.
* * * * *

No comments:

Post a Comment